Jumat, 31 Mei 2013

Pesona Keindahan Pantai Tanjung Datu

Tanjung Dato merupakan salah satu pantai di Kalimantan Barat yang hingga saat ini telah dikenal para wisatawan lokal maupun mancanegara. Padahal, pantai ini memiliki pasir putih yang indah dan sebuah taman yang sangat tertata kerapihan dan keindahannya.

Beberapa bukit dan pepehonan hijau tentunya menambah kesejukkan dan keasrian pantai ini. Dengan keistimewaan itulah, menyebut taman di sekitar pantai ini dengan sebutan Taman Eden di Tanjung Dato. Hingga saat ini, Pantai Tanjung Datu masih terjaga keasrian dan kemurniannya.

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke pantai ini kerap menjadikannya sebagai tempat yang paling cocok untuk berselancar. Di Kalimantan Barat, pantai ini dikenal sebagai pantai yang paling indah dan mempesona. 

Di Pantai ini, para pengunjungnya akan menjumpai berbagai jenis flora dan fauna yang masih terjaga. Beragam hewan primata yang dapat kita jumpai di pantai ini seperti lutung, gibbons, tupai, kera, orang utan, kancil, dan ratusan spesies burung.

Lantaran memiliki ombak yang cukup besar, maka pantai ini dapat Anda manfaatkan untuk kegiatan scuba diving, snorkeling dan menyelam. Beberapa biota laut yang terdapat di pantai ini seperti kerang cone, ular laut dan juga ular coral.

Jika dibandingkan dengan Pantai Kuta, keindahan yang dimiliki Pantai Tanjung Datu ini tak jauh berbeda dengan Kuta. Pantai ini terletak di Kabupaen Sambas Pantai Utara Provinsi Kalimantan Barat. Sebenarnya, di wilayah ini masih memiliki objek wisata yang beragam, seperti Makam Dara Nandung, Bukit Piatus, Danau Sebedang, Pantai Sinam, Air Terjun Selindung, Tanjung Batu, Pantai Selimpai, dan Pantai Sinam. 

Sebelumnya, kepemilikan pantai ini menimbulkan polemik yang cukup besar. Namun, saat ini masalah tersebut telah terselesaikan, karena Pantai Tanjung Datu ini ada yang menjadi milik Indonesia dan ada yang milik Malaysia. Di Indonesia, pantai ini dijadikan sebagai pusat pengembangan transportasi dan  pariwisata. Sedangkan dari pihak Malaysia, menjadikan pantai tersebut sebagai Taman Negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar